Partai UKM Miliki Gagasan 1 RW 1 Koperasi untuk Penguatan Ekonomi Rakyat
Politik

Partai UKM Miliki Gagasan 1 RW 1 Koperasi untuk Penguatan Ekonomi Rakyat

Jakarta – H. Bustan Pinrang Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Usaha Kecil Menengah (DPP Partai UKM) yang juga Direktur Utama PT Mall Pinrang Sejahtera menawarkan gagasan program politiknya, yaitu 1 RW 1 Koperasi. Partai UKM sebagai partai berbasis ekonomi kerakyatan ini, akan menyempurnakan perekonomian masyarakat Indonesia hingga level bawah.

“Salah satu gagasan milenialnya Partai UKM adalah akan menawarkan gagasaan program 1 RW 1 Koperasi di tiap desa dan kelurahan di seluruh Indonesia, kepada pemerintah. Dimana ini menjadi gerakan satu juta koperasi,’ kata Bustan sapaan akrabnya, Sabtu (13/02/2021).

Katanya, hal Ini penting karena sesuai amanat Bung Karno dan Bung Hatta, bahwa koperasi harus ditingkatkan. Dimana penerapan ‘Gerakan 1 Juta Koperasi dan UMKM untuk titik tekannya adalah menguatkan Pondasi Bangsa Indonesia dalam Pembangunan Ekonomi Nasional’.

“Untuk itu kami berharap semua pihak bersatu membangun Indonesia lewat koperasi dan menumbuh kembangkan UMKM,“ imbuhnya.

Sosok Ketua Umum Bustan Pinrang yang pernah diusulkan untuk mengisi kabinet Jokowi jilid dua ini, meyakini program ini akan mampu menumbuh suburkan perekonomian warga melalui pendekatan Koperasi dan UKM.

Partai UKM yang memiliki segudang kader yang pengalaman bidang koperasi dan UKM, sangat optimistis bisa membangun perkoperasian di tanah air dengan pesat apalagi dengan konsep program satu juta koperasi yang ditawarkan.

Partai UKM juga melihat realisasi koperasi di daerah masih perlu diberdayakan karena penyuluhan belum dilakukan secara maksimal.

“Kita melihat dinas-dinas di daerah (Dinas Koperasi, Red) masih perlu diberdayakan lagi karena anggaran mereka yang terbatas hingga menyebabkan penyuluhan tidak maksimal,” terang pencetus Partai UKM bersama Syafrudin Budiman SIP Sekretaris Jenderal DPP Partai UKM ini.

Langkah kongkrit yang pertamakali dilakukan, jika Partai UKM berkuasa dan memiliki banyak anggota legislatif dipercaya Presiden menjadi, akan melakukan pembinaan langsung ke Dinas Koperasi di daerah-daerah.

“Kita akan lakukan pembinaan langsung ke Dinas Koperasi di daerah untuk melakukan penyuluhan langsung kebawah. Kedepan harus ada laporan yang jelas mengenai koperasi yang ada. Ibarat anak, perlu kita tengok bagaimana nasibnya. Kalau memang berkembang buatkan laporan dan kalau sebaliknya kita ciptakan solusinya,“ pungkas Bustan pria asal Pinrang Sulawesi Selatan ini. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *