IMG_20240304_184036
Pojok Terakhir

KPU Resmi Nonaktifkan Lima Komisioner PPK di Kabupaten Karawang

Karawang, Jabar – KPU Karawang resmi nonaktifkan lima komisioner PPK di kabupaten Karawang,di karenakan terindikasi melakukan kelalaian etik dengan menggeser suara caleg dan suara parpol.

Kelima anggota PPK tersebut terindikasi kuat lakukan pelanggaran UU Pemilu dengan menggeser atau memindahkan suara caleg dan suara parpol.
Hal itu disampaikan oleh anggota Divisi Parmas dan SDM KPU Kabupaten Karawang, Ikmal Maulana kepada awak media di Hotel Akhsaya, Senin (4/3/2024)
Ikmal menjelaskan bahwa kelima anggota PPK yng terdiri dari dua PPK Pakisjaya, satu PPK Lemahabang dan dua PPK Cikampek yang telah di nonaktifkan.
“Setelah kami lakukan pemeriksaan dan klarifikasi, kami jatuhkan sanksi non aktif sementara kepada lima anggota PPK tersebut,Dan alasan KPU Karawang tidak langsung memberhentikan tetap kedua PPK tersebut lantaran masih lewati tahapan atau proses karena nanti ada sidang pemeriksaan dan di sidang pemeriksaan itu lah nanti diputuskan pemberhentian tetap.
“Secepatnya setelah beres pleno rekapitulasi tingkat kabupaten digelar sidang pemeriksaan,” ungkap Ikmal.
proses selanjutnya adalah wewenang Bawaslu dan Gakkumdu. Gakkumdu tidak melihat apakah orang tersebut penyelenggara Pemilu atau bukan penyelenggara.
Nanti mereka yang memutuskan apakah ada pidana pemilu atau tidak,” ujarnya.
Ikmal menegaskan, tindakan tertinggi KPU Kabupaten Karawang dalam menyikapi dugaan pelanggaran kelalaian etik.
Kami tidak regulasi lain selain etik dan itupun sudah mengikat, ketika sudah diberhentikan tetap, maka mereka tidak bisa lagi menjadi penyelenggara pemilu selamanya,” tandasnya.
Kesempatan yang sama, Ikmal juga membantah adanya sejumlah anggota PPK yang diciduk anggota kepolisian.
“Sejauh ini kami belum mendengar dan tidak ada laporan ke kami perihal isu itu, ungkap Ikmal kepada sejumlah awak media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *