IMG-20230605-WA0178
Kabar Healthcare

Pj. Bupati Jepara Kunjungi Pembudidayaan Algae, Bahan Suplemen Balita Stunting Di Sukoharjo

Sukoharjo – Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta mengunjungi pembudidayaan algae di Desa Pundungrejo, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, pada Senin (5/6/2023) siang.

 

Kunjungan tersebut dalam rangka Benchmarking (pembandingan) untuk percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Jepara. Edy Supriyanta mengaku lawatannya tersebut untuk melihat lebih dekat upaya penurunan stunting di Kabupaten Sukoharjo. Termasuk melihat budidaya algae yang digunakan untuk suplemen bayi di bawah dua tahun (baduta), yang terkena stunting.

 

Rombongan Pj Bupati Jepara terdiri dari sejumlah Pimpinan Perangkat Daerah, dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Jepara. Rombongan diterima langsung Bupati Sukoharjo Etik Suryani.

 

“Kami ingin belajar dengan Kabupaten Sukoharjo, bagaimana bisa dengan cepat menurunkan angka stunting,” ungkap Edy Supriyanta.

 

Dikatakan, masih ada sekitar 5.385 bayi stunting di Kabupaten Jepara yang butuh dilakukan intervensi secara cepat. Agar terbebas dari Stunting.

 

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, algae spirulina menjadi salah satu faktor penting keberhasilan penanganan stunting di Kabupaten Sukoharjo.

 

“Dengan suplemen ini, mampu menekankan cepat angka stunting di Sukoharjo,” kata dia.

 

Kolam alga yang dikunjungi Pj Bupati ini merupakan demplot stunting yang telah berhasil untuk penanganan stunting di Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto. Algae dimanfaatkan sebagai multivitamin dan mineral alami untuk balita stunting.

 

Dikatakan Etik, kerjasama semua pihak juga ikut berperan besar dan ke depan diharapkan angka stunting terus ditekan dan zero atau tidak ditemukan lagi.

 

Anting Di Gana atau Atasi Anak stunting merupakan inovasi potensi lokal berupa, pemanfaatan Algae sebagai superfood dalam strategi percepatan penanganan kasus stunting di Kabupaten Sukoharjo tahun 2023.

 

“Pemanfaatan algae sebagai multivitamin dan mineral alami untuk balita stunting,” katanya.

 

Algae merupakan tumbuhan sel satu, berukuran mikroskopis, berwarna hijau kebiruan, berfotosintesis seperti tumbuhan, dan mengandung protein, mineral, vitamin, serta antioksidan tinggi.

 

Tidak hanya mengunjungi pembudidayaan Alagae, Pj. Bupati juga berkesempatan melihat secara langsung produksi suplemen algae untuk bayi stunting di PT. Botryo Herba Bioteknologi Sukoharjo

 

 

Res : Bangyos75

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *