Koperasi Jasa Ekonomi Digital Indonesia (KDI)

KDI Rayakan HUT Ke-1, Optimis Terdepan Sebagai Pelopor Digitalisasi Koperasi, UKM dan IKM di Indonesia

Jakarta – Koperasi Jasa Ekonomi Digital Indonesia (KDI) hasil besutan Organisasi Relawan Pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin Benteng Jokowi (BeJo), merayakan hari ulang tahun (HUT) yang ke-1, Selasa (10/11/2020). Di usia yang pertama ini, mereka berhasil menelurkan salah satu gagasan Koperasi Digital Indonesia disingkat KDI.

Koperasi Digital Indonesia sendiri didirikan pada tanggal 14 September 2019, merupakan badan usaha bentuk koperasi. Yang mana visi-misinya sesuai dengan keinginan pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan digital di Indonesia melalui pelayanan penggunaan teknologi digital bagi anggotanya.

“Di usia KDI yang ke 1 tahun saya menganggap kinerja dari Ketua Umum Benteng Jokowi Jak T. W. Tumewan Ketua Umum Benteng Jokowi dan Ketua Koperasi Digital Indonesia Dowira Inkiriwang Maramis, S.E., M.M cukup berhasil menjalankan KDI  Sekarang tinggal bagaimana terus memperbaiki kinerja koperasi digital ini. Dari sini kita melihat scope atau ruang lingkup KDI ini di Indonesia, seluruh Indonesia,” tutur Pembina KDI, Zolkifly kepada awak media di kantor KDI Jl. Kartanegara 25, Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (10/11/2020).

Zul juga berharap kehadiran Koperasi Digital Indonesia memberi manfaat kepada masyarakat Indonesia dengan tata kelola dan administrasi yang baik dan profesional. Saat ini KDI sendiri telah berdiri di 150 kabupaten/kota.

“Saat ini KDI telah terdaftar di notaris, dan saat ini kita telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebagai syarat bantuan keuangan untuk koperasi dari lembaga perbankan. Ambil asumsi KDI memiliki 200 cabang di seluruh Indonesia. Untuk 1 cabang saja nilai bantuannya 10 juta rupiah, jika 200 cabang berarti totalnya sudah 200 milyar. Kita punya alokasi hampir 100 milyar. Tergantung pengelolaannya saja, makanya saya ingatkan mereka terus agar KDI dikelola dengan baik sehingga kita beruntung menanamkan suatu investasi kepada masyarakat yang merasakan kita itu bermanfaat bagi mereka. Koperasi ini berbeda dengan Koperasi yang lain dan bermanfaat bagi anggotanya dan masyarakat,” katanya

Ketua Koperasi Jasa Ekonomi Digital Indonesia Dowira Inkiriwang Maramis, S.E., M.M mengatakan, masih banyak pekerjaan rumah yang harus mereka selesaikan, terutama untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja Koperasi Digital Indonesia.

“Setahun ini kami telah melakukan banyak hal untuk KDI. Kami telah berhasil membentuk cabang-cabang di seluruh Indonesia. Namun kami merasa seperti bayi, dikatakan bayi yang mulai belajar bergerak. Tetapi Puji Tuhan, bayi ini akhirnya bisa membentuk cabang di 150 kabupaten/kota,” jelas Dowira.

Sebagai pelopor digitalisasi koperasi di Indonesia, Dowira mengaku KDI memiliki tanggung jawab untuk mendukung sinkronisasi dengan program Pemerintah untuk membantu masyarakat dan mitra yang tersebar di seluruh Indonesia. Dimana dengan perbaikan layanan salah satunya mempercepat pendirian Bank Perkreditan Rakyat (BPR) milik KDI.

“Selama menjalankan koperasi ini memang banyak hal-hal seperti hambatan yang kami rasakan dilapangan. Genap 1 tahun usia KDI, kami bertekad terus memperbaiki KDI supaya benar-benar menjadi Koperasi Digital. Kami berharap kedepannya KDI semakin lebih baik lagi dibandingkan koperasi yang lain,” kata Dowira.

Sementara itu Jak T. W. Tumewan yang menjabat sebagai Ketua Umum Benteng Jokowi berharap kehadiran KDI bisa memberi manfaat luas kepada masyarakat Indonesia

“Semoga dengan berdirinya KDI ini kami berharap bisa membantu kawan-kawan relawan, yang telah berjuang membantu menenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin. Saatnya bekerja nyata dan bertindak lebih maju,” ujar Jak.

Sedangkan Sekretaris Jenderal Benteng Jokowi Zainal Aziz menegaskan, bahwa visi-misi Benteng Jokowi adalah menghadirkan program digitalisasi UKM dan IKM.

“Semoga Allah SWT meridhoi apa yang kami kerjakan selama 1 tahun ini termasuk memberikan kemudahan jalannya Koperasi Digital Indonesia. Dan kita berharap Koperasi Digital Indonesia terus bersinergi dengan Pemerintah,” kata Zainal.

Pada peringatan HUT KDI ke 1 ini juga dilakukan peluncuran Aplikasi Website dan Play Store Gosol (Go-Solution) dan Penandatanganan Kerjasama dengan Media B-televison. Selain itu digelar Rapat Anggota Tahunan KDI sebagai penyusun laba dan laporan tahunan. (red/win).

Post Author: Redaksi

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *